Jumat, 01 Februari 2013

Toyota Vios Dimodifikasi Jadi Mobil Balap

Modifikasi-Toyota-Vios

Pernah berpikir tentang modifikasi Toyota Vios menjadi mobil balap ? Inilah apa yang dilakukan oleh Rizky Basworo yang memutuskan untuk merombak Toyota Vios kesayangannya menjadi sebuah mobil yang tidak bisa diremehkan di sirkuit.
Berawal dari rasa kesal karena tipe mobilnya tersebut kerap disamakan dengan Toyota Limo yang sudah terkenal digunakan sebagai armada taksi. Akhirnya pria yang memegang peran sebagai Ketua di Toyota Soluna Vios Club tersebut memutuskan untuk membuang jauh kesan mobil taksi dari tunggangan miliknya memodifikasinya menjadi mobil yang sangar.
Tidak main-main, Rizky yang sepertinya benar-benar ingin memberikan konsep mobil balap pada mobilnya ini langsung merombak penampilan Vios yang baru saja dimilikinya 9 bulan yang lalu menjadi mobil berspek Drag Race.
Lalu apa saja Modifikasi Toyota Vios yang telah dilakukan oleh Rizky ? Mari kita intip hasil karyanya terbut :
Dimulai dari satu set jeroan berkode 1NZ-FE original dari Toyota Vios tipe G lansiran tahun 2004 yang mempunyai tagline atau slogan “Speed Maker Fuel Maker” (bertenaga namun tetap irit) langsung dioprek ringan dengan alasan ingin memaksimalkan kemampuan dari komponen orisinilnya (stock engine).
Modifikasi-Toyota-Vios-Mesin
Opsi yang dia lakukan hanya dengan mengganti saringan udara dengan bahan yang lebih baik sehingga volume udara yang masuk ke dalam throttle body lebih banyak namun masih menggunakan box filter udara orisinilnya, penggantian busi bertipe iridium, mengganti sistem exhaust dari mulai header sampai dengan  muffler, hingga penggantian kopling/clutch merk exedy yang materialnya lebih baik namun didesain untuk harian.
Bagian yang paling banyak terkena jamah adalah bagian kaki-kaki, penggantian Shock Absorber Adjustable bermerk Koni yang mempunyai beberapa tingkatan kekerasan disandingkan dengan lowering spring merk Jamex, hingga bersepatukan velg asal matahari terbit, bermerk Enkei RPF1 original yang didesain khusus untuk event balap. Dikarenakan mempunyai bobot yang ringan dan kuat disandingkan dengan keempat ban buatan lokal Achilles 123 dilakoni punggawa Toyota Soluna Vios Club (TSVC) ini. Hasilnya traksi dan grip meningkat jauh lebih baik pada saat melakukan start di event Drag Races.
Modifikasi-Toyota-Vios-Kaki
Untuk menjajal kemampuan mobil ini, Rizky yang memang punya hobi ngebut ini memilih D2 Achilles Corsa seri II di Sirkuit Sentul pada 16 September 2012 yang lalu dan berhasil mencatatkan waktu terbaik 16,721.
Berapa biaya yang perlu dikeluarkan ? ternyata masih lumayan masuk akal yakni sekitar kurang dari 10 juta saja untuk mendongkrak tenaga mesin 1NZ-FE Stock pada mobil balap pribadinya tersebut.
Modifikasi-Toyota-Vios-Blkg
Sebenarnya Toyota Vios generasi pertama yang berkode chasis NCP-42 ini bukanlah sentuhan modifikasi Rizky yang pertama karena sebelumnya ia juga sudah sukses mengutak-atik Vios 2006 dan Limo 2011 yang dulu pernah dimilikinya.
Mudah-mudah tulisan ini dapat memberikan inspirasi bagi anda pemilik Toyota Vios untuk memodifikasinya dengan gaya dan sentuhan anda sendiri.
(mobil.otomotifnet.com) 

1 komentar: