Sabtu, 02 Februari 2013

Modifikasi Honda All New Civic , Custom yg Simple






Modifikasi yang dilakukan Bintang Samodro pada Honda All New Civic kepunyaannya memiliki arti penting. “Kalau mau ke suatu tempat kan harus lewatin jalanan. Jadi mobil gue bergaya balap, terus bisa ngebut tapi enak untuk harian,” buka Bintang.

Oleh karena itu, sejumlah resep modifikasi telah dipersiapkan matang-matang oleh Bintang agar bisa dituangi ke Honda Civic berkode bodi FD1 ini.



Civic Type R Obsessed

Di sektor eksterior, Bintang melakukan modifikasi yang sederhana untuk mobil lansiran 2007 ini. Awalnya berkulit silver, disulap menjadi putih. “Dulu pengennya Civic Type R, tetapi terlalu mahal. Akhirnya Civic biasa saja, tapi saking obsesi ke Type R, makanya gue cat ulang ke warna putih,” ucap pria yang tergabung dalam East Crew Auto Club.



Selanjutnya, bemper dibiarkan memakai bawaan Honda All New Civic yang hanya ditambahkan body kit add-on berlabel Mugen. “Gue beli dari temen gue, dia kurang demen dengan model Mugen. Karena gue lihat oke dan rapih, makanya gua bayarin deh,” lanjut Bintang.





Tidak hanya body kit, kap mesin pun juga terkena sentuhan modifikasi yang diganti dengan bahan karbon. Sedangkan atap dan wing di-cat warna hitam yang bertujuan khusus. “Gue pengen sesuatu yang berbeda. Lagian nyambung kan dengan kap mesin?” jelas Bintang.



Untuk menunjang apa yang sudah dilakukan pada body, kali ini Bintang memakai velg SSR Type-F yang dibalut ban GT Radial Champiro HPY 225/40-R18. “Kebetulan ada yang jual dengan ukuran PCD Honda Civic dan berwarna putih. Gue liat cocok banget,” papar Bintang. Demikian juga suspensi di-custom agar tampil merebah, serta kampas rem juga diganti milik Endless untuk unsur keselamatan.



Memasuki kabin, aksen karbon menghiasi panel dashboard, doortrim dan konsol tengah untuk mendukung gaya yang diusung pada body. Bintang juga melapisi beberapa panel dengan bahan suede kombinasi warna merah dan hitam mengikuti kelir jok semi bucket Bride di bagian depan lengkap dengan seat belt dari TAKATA.





Naturally Aspirated For Daily

Menyelaraskan modifikasi yang dianut pada Honda All New Civic, Bintang juga memberikan sentuhan  pada sektor mesin dengan aliran Naturally Aspirated alias N/A. Resepnya adalah porting and polish, papas silinder head, ganti downpipe Kansai dan dioptimalkan oleh piggyback Dastek Unichip Type Q+ yang menghasilkan tenaga 170 HP.



“Tadinya mau dikasih turbo, tapi budget pasti gede dan takutnya ada masalah serta kurang enak untuk harian. Akhirnya gue putuskan ke N/A, dan mobil Honda itu Born To Be N/A,” jelas Bintang dengan semangat.



Dengan modifikasi tersebut, Bintang mengaku puas dengan performa yang dihasilkan dari mesin berkode R18 ini. “Sebenarnya gue hanya ngebut kalau jalanan bener-bener sepi. Malah gue kagak pernah ikut tarik-tarikan. Paling ikutan Sentul Fun Race, ini juga gara-gara dikomporin bengkel tempat gua magang,” jelasnya lagi.



Easy Listening Lovers

Sambil jalan-jalan, Bintang tidak mau hanya mendengarkan suara dari knalpot. Makanya sistem audio pada Honda All New Civic ini juga dilakukan upgrade dari segi fitur maupun kualitas suara yang dihasilkan.



“Gue suka dengerin lagu yang santai, ya macam John Legend,” paparnya. Diawali dengan head unit Pioneer AVH-P4350DVD dan disambut dengan speaker Rockford Fosgate serta subwoofer Cliff Design 2 unit, yang kemudian ditunjang dengan power Sierra MF754 4-channel. “Gue ga suka kenceng-kenceng, makanya power cukup 1 saja,” jelasnya.



Cocok deh, tampilan cihuy, performa gahar, dan nyaman dengan musik.

1 komentar: