Jumat, 01 Februari 2013

Modifikasi BMW M3 dengan Tenaga 720 hp

BMW M3 E92
Untuk sektor sport car, BMW punya seri M, yang salah satunya adalah BMW M3. Kekuatannya di medan balapan sudah tidak diragukan lagi. Dalam gelaran DTM (Kejuaraan touring mobil Jerman), M3 memenangkan dua gelar di 1987 dan 1989, bersaing ketat dengan musuh lamanya yaitu Audi dan Mercedes-Benz. Generasi terbaru dari M3 ini rencananya akan diluncurkan di Geneva Motor Show tahun depan. Kita tunggu saja kehadiran dari mobil balap BMW ini.

Sambil menunggu BMW M3 terbaru tahun depan, kita main-main dulu dengan M3 terbaru saat ini, yaitu E92. Soal tenaga, jelas BMW seri M ini adalah jagonya. Tapi, dengan menggunakan tuning kit dari pabrikan modifikasi G-Power, kapasitas mesin ditingkatkan menjadi 4.600 cc, dan tenaga terdongkrak menjadi 720 hp, luar biasa bukan?
BMW M3 E92
Crankshaft dan piston diganti pake merk Mahle. Supercharger juga ditambahkan G-Power ini, dan modifikasi minor dilakukan pada air intake dan exhaust. Alhasil, selain tenaga 720 hp, kecepatan yang mampu ditembus adalah 330 km/jam.
Seperti apakah BMW M3 terbaru yang akan diluncurkan tahun depan? Spekulasi yang berkembang BMW tengah menguji dua mesin yakni V6 dan straight-six secara bersamaan. Pengujian ini akan menentukan mana yang akan digunakan untuk M3 yang akan diproduksi. Kabar yang berkembang dari Inside Line besar kemungkinan mesin V6 yang dipilih oleh BMW. Alasannya cukup sederhana, mesin V6 mempunyai dimensi yang lebih cocok untuk body M3. Uniknya, mesin V6 yang diusung nanti akan dipadukan oleh twin-turbo sehingga membuat respon serta performa mesin lebih bertenaga. Kita tunggu saja kehadirannya sambil menabung…

1 komentar: