Sabtu, 02 Februari 2013

Modifikasi Nissan 180SX, Targetnya 400 Km/Jam!




Jepang – Dari tampangnya yang brutal, terlihat jika sosok sportscar Nissan 180SX memiliki tenaga dahsyat. Hal itu tidaklah salah. Mobil berjuluk 380SX yang digarap oleh tuner asal Jepang, BenSopra bekerja sama dengan Trust ini mampu mengeluarkan daya hingga 1.100 dk.

Tujuan mobil bertenaga besar ini tak lain adalah untuk berkompetisi untuk mencapai kecepatan hingga 400 km/jam di sirkuit Nardo, Italia. Dan mobil ini akan berkompetisi dengan andalan dari tuner Phoenix’s Power dan Top Secret.
Oleh Trust, mesin 4-silinder bertipe SR20 standar 180SX digusur dengan aplikasi mesin V6 bekas tunggangan drift Blitz R35 GT-R. Mesin ini dikustom ulang agar muat dengan engine bay 180SX yang lebih kecil. Kesulitan sempat terjadi pada aplikasi transmisi yang akhirnya mengaplikasi model sequential dari VR38 dan Hollinger.

Pengerjaan mesin yang dibantu oleh Trust dirombak dengan pemakaian Trust 4.0L stroker kit. Serta sepasang blower TD06-25G berukuran besar dan ditunjang dengan aplikasi pipa yang juga berukuran ekstra besar.
Bagian kaki-kaki mobil lawas keluaran tahun 90-an ini dibekali sistem full Stage air-cupped adjustable coilover. Peleknya memakai Enkei RS05RR 11Jx18 yang dibalut Yokohama Advan A050 295/30R18. 

Bodinya dipersangar dengan paket BenSopra X TRA Kyoto full aero, lengkap dengan kap mesin dari merek yang sama.

Masuk ke kabin, tertanam Saito Roll Cage custom multi-point roll cage, spot & seam welded dan jok Bride Zeta III bucker seat. Selain itu, carbon dashboard BenSopra, AIM digital dash unit, custom center console, custom switchgear, GReddy Profec B boost controller ikut dipasang. (mobil.otomotifnet.com)

1 komentar: