Jumat, 01 Februari 2013

Toyota Avanza G 1.3 2010, Terobsesi Suara R & B


Awalnya sekadar menyalurkan hobi modifikasi tampilan, Eric Sutanto si pemilik Toyota Avanza G 1.3 ini lantas kepincut main audio sound quality (SQ) lantaran terobsesi suara seksi penyanyi R & B.

Memang Eric mengakui kalau dirinya sangat menyukai aliran musik R & B, seperti lagu-lagu yang dilantunkan penyanyi wanita negro, Whitney Houston. “Awalnya sih memang cuma iseng, tapi kelamaan pengin juga mendengarkan musik R & B dengan kualitas sound yang lebih baik lagi, ketimbang settingan yang hanya jedang-jedung tak keruan,” ungkap pengusaha muda ini.
Selidik punya selidik, settingan yang diterapkan di kabin Avanza lansiran 2010 ini, mengandalkan beberapa komponen car audio yang jarang ditemui di pasaran umum saat ini. Semisal, head unit Panasonic CQ-TX5500W, tak lain adalah model tabung yang merupakan salah satu versi limited.

Menurut Asen, instalatur Gema Audio di Muara Karang, Jakut, komponen head unit yang digunakannya memang tergolong langka. “Namun tidak ringkih untuk pemakaian harian, dan daya tahannya lebih baik ketimbang monitor head unit terbaru model high-end saat ini,” pungkas pria berpostur atletis ini.

Jika melihat beberapa tropi kemenangan yang berhasil diraihnya di ajang kontes audio bergengsi EMMA beberapa waktu lalu, Avanza kelir silver ini punya keunikan di soal staging sound.
Pasalnya, instalasi speaker 3-way yang dianutnya mampu menghasilkan efek suara panggung yang tercipta lebih mendekat ke posisi pendengar. Dalam hal ini untuk komposisi suara vokal atau penyanyi, terimajinasi dengan apik tepat di dasbor depan.

Sementara back sound berupa suara instrumen alat musik terimajinasi di layer belakangnya. Sedangkan lebar suara panggung terimajinasi cukup baik, hingga sebatas ujung cover spion kanan-kiri.

Hal ini menunjukkan kalau settingan final yang dilakukan Asen tidak sembarangan, meski instalatur muda ini tak banyak mengomentari soal treatment yang dilakoninya di kabin Avanza tim Masterpiece ini.(mobil.otomotifnet.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar