Jakarta, BosMobil.com - Berawal dari hobi musik, kemudian disalurkan dengan modifikasi car audio di mobil Honda Freed miliknya. Ternyata selain hobinya tersalurkan, Honda Freed ini telah mengukir beragam prestasi pada kontes audio bertaraf nasional maupun internasional sepanjang tahun 2012.
“1st Champion Multimedia 2.0 Channel QR1 EMMA 2012, 1st Champion EMMA Master Unlimited QR2, 1st Runner Up Expert 7 Channel EMMA QR3, 1st Beginner EASCA, The Best Installation EASCA Beginner dan The Best Installation EASCA 120 Juta Class. Jadi lumayan banyak deh, hehehehhe,” papar Herman selaku owner mobil Honda Freed.
Prestasi yang telah terukir pada Honda Freed tidak luput dari kerja keras Suryadi dari Dynamic Autosound selaku sang installer yang melakukan modifikasi pada sistem audionya.
Sematkan Peredam Serap Getaran
Sebelum perangkat audio bersarang pada interior kabin mobil Honda Freed, hal yang dilakukan yaitu melumuri beragam peredam berlabel StandartPlast (StP). “Pada pintu 4 lapis, lantai dasar 2 lapis, firewall 2 lapis, bagian panel dan besi kerangka plafon 2 lapis serta dashboard 3 lapis. Tujuannya menyerap getaran dan pantulan suara yang ada di dalam kabin mobil serta menjadi senyap,“ buka Suryadi.
Kombinasi Head Unit Dan External Processor
Sebagai sumber utama dalam memutar musik, Suryadi mempercayakan Pioneer ODR RS-D7 II dipadukan dengan processor eksternal Pioneer RS-P99 agar suaranya bisa mewah. “Head unit sudah didukung fitur Crossover ditambah Equalizer 31 Band serta Time Alignment. Namun untuk lebih maksimal, pengaturannya melalui processor eksternal agar suara bisa seimbang,” tambah Suryadi.
Speaker 3-Way Agar Suara Maksimal
Sedangkan untuk penyembur suara, sang installer menyematkan tweeter, midrange dan midbass dari Micro Precision Z-Studio. Lalu untuk mengakomodirnya dilakukan perlakukan khusus dengan langkah-langkah cemerlang. “Speaker 3-way bisa menghasilkan suara lebih maksimal karena bisa mendapatkan semua lini frekuensi,“ tutur Suryadi. “Lalu untuk arah tweeter dan midrange dihadapkan on-axis bertujuan menghasilkan lebih banyak informasi suara,” tambahnya.
Kemudian untuk midbass disematkan pada panel pintu, namun sang installer melakukan modifikasi agar kinerjanya bisa bekerja sesuai porsinya. “Membuat housing panel yang rigid, penambahan diffuser dan membuat sudut midbass agar bisa menyemburkan suara bass yang terkontrol,“ imbuh Suryadi.
Boks Subwoofer Berbahan Aluminium
Perlakuan untuk subwoofer Crescendo Etude 5.12 juga diimbangi agar bisa mempertebal suara bass, sehingga dalam mensiasatinya dibuatkan boks sealed dengan bahan berbeda. “Bahan boksnya menggunakan aluminium dengan kubikasi sebesar 40 liter. Lalu didalamnya dilapis bahan sparco dan terakhir ditambahkan peredam. Tujuannya meminimalisir pantulan suara dan menjadikan dentuman bassnya bersih,“ cetus Suryadi.
Power 4 Unit
Nah, untuk urusan suplay tenaga, sang installer menyematkan 4 unti power pada Honda Freed ini. “Genesis 250 Special Edition sebanyak 3 unit untuk men-drive tweeter, midrange dan midbass. Sedangkan 1 unit Genesis Monoblock untuk men-drive subwoofer,“ ujar Suryadi.
”Dari segudang prestasi yang telah di raih, kami juluki mobil ini dengan nama Unforgettable Sound,“ tutupnya.
http://modifikasi.bosmobil.com |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar