Rabu, 13 Februari 2013

Modifikasi Honda Jazz SPL : Bass Lover



Honda Jazz Modifikasi

Jakarta, BosMobil.com - Erwin memang unik dalam menggeluti hobi di dunia audio, karena untuk mengejar hasratnya dengan dentuman bass yang menggelegar. Makanya dia modifikasi sistem audio pada Honda Jazz miliknya dengan konsep SPL (Sound Pressure Level). “Biar heboh aja jika lagi di jalan dengan dentuman musik yang hingar bingar, makanya saya suka dengan konsep SPL,” tutur owner mobil.
Dendi selaku eksekutor dari DC Audio melakukan perhitungan matang agar konsep SPL di Honda Jazz milik Erwin bisa optimal dengan dominasi dentuman bass yang solid dan konstan. “Proses pengerjaannya memakan waktu 1 minggu dengan selektif pemilihan perangkat pendukung maupun perhitungan penempatan tiap perangkat,“ buka Dendi.
Honda Jazz Modifikasi

Akali Akustik Kabin

Kebutuhan peredam memang memiliki peranan yang krusial dalam modifikasi audio. Hal itu juga terjadi pada Honda Jazz berkelir hitam ini, yaitu menyematkan peredam Checkmat di seluruh inteior kabin mobil dengan jumlah yang beragam. “Tujuannya membuat suasana kabin menjadi lebih hening dan rigid, sehingga dapat meningkatkan besaran decible yang dihasilkan,“ tutur Dendi.
Honda Jazz Modifikasi
Add caption

Head Unit + Pre-Amp

Sentralitas suara dalam modifikasi audio SPL pada Honda Jazz ini memang perlu diperhatikan dengan serius. Sang installer mempercayakan head unit Pioneer DEH-2350UB yang disandingklan dengan pre-amp Clif Design CD-8EQ. “Pakai pre-amp untuk meningkatkan tegangan yang dibutuhkan head unit agar performanya meningkat,” tukas installer asal kota Bogor ini.
Honda Jazz Modifikasi

2 Subwoofer Boks Aeroport

Hal utama modifikasi audio mengusung konsep SPL yaitu mengakali performa subwoofer dengan boks yang tepat. Hal itu dilakukan Dendi pada mobil Honda Jazz dengan membenamkan 2 unit subwoofer Prokick PK 12x3, lalu dibalut boks aeroport dengan pembuatan flare (corong) yang ukurannnya sudah diperhitungkan.
Honda Jazz Modifikasi

“Volumenya sudah kami sesuaikan dengan tuning mobil, jadi didapat sebesar 1 cu/ft. Kemudian bahan pakai papan MDF dengan ketebalan 18 mm, serta lubang yang menjorok keluar dibuat agar gema dari hembusan bass bisa meningkat. Pada akhirnya juga bisa meningkatkan besaran decible,“ papar Dendi.
Honda Jazz Modifikasi

1 Power + Kabel 0 AWG

Dua unit subwoofer tersebut memerlukan suplai daya yang besar. Untuk itu, Dendi menggunakan 1 unit power Venom 6000D agar memaksimalkan perangkat. Sedangkan supaya stabil, Dendi memilih kabel stroom dengan ukuran 0 AWG.
Honda Jazz Modifikasi

Pakai Aki Sesuai Daya

Pergantian aki bawaan dilakoni Dendi dengan menyematkan aki Amaron, serta ditambah fuse block Stinger untuk faktor keamanan. “Aki disesuaikan dengan daya dari power agar asupan bisa stabil. Sehingga besaran decible juga bisa didapat dari konsep yang akan direncanakan,“ tutupnya.
Honda Jazz Modifikasi
http://modifikasi.bosmobil.com

1 komentar: