Jumat, 01 Februari 2013

Modifikasi Toyota Land Cruiser VX Ala Danny Sawali

Modifikasi-Toyota-Land-Cruiser-VX

BlogOtomotif – Mobil berwarna hitam dan merah memang terkenal ribet dalam hal perawatannya. Bukannya apa-apa, biasanya mobil dengan kelir dua warna tersebut cenderung tidak sedap dipandang ketika kotor terlebih lagi baret-baret kecil yang akan sangat mengganggu jika mobil diperhatikan dari jarak dekat. Mungkin karena faktor itulah Danny Sawali yang sangat menyukai mobil bersih memutuskan untuk mengganti warna tunggangannya yang semula berwarna merah metalik menjadi warna putih solid untuk membuang jauh-jauh kesan ribet yang dihasilkan dari body berwarna merah sekaligus memberikan kesan putih mulus jauh dari dosa eeeh noda. Namun meskipun warna putih cenderung berkonotasi pada kesan “lugu”, Danny tetap tidak melupakan hakikat asli dari Toyota Land Cruiser (TLC) miliknya sebagai mobilnya para lelaki dengan tetap menonjolkan kesan gagah dari mobil yang umum dikenal dengan sebutan Toyota Hardtop tersebut. Niat untukmemodifikasi Toyota Land Cruiser VX miliknya ini rasanya juga bukan perkara yang sulit mengingat Danny sendiri merupakan seorang praktisi Car Care dan juga memiliki gerai Fast & Details Gallery di pulau Dewata Bali.
Modifikasi-Toyota-Land-Cruiser-VX-1995-Bali
Project dimulai dengan mengganti ban standarnya dengan tipe yang lebih kasar, yakni BF Goodrich All Terrain ukuran 285/75-R16 setelah sebelumnya pelek asli bawaan VX dicat ulang dengan warna abu-abu. Hal ini dilakukan untuk menyelaraskan warna bodi dengan kaki-kaki sekaligus untuk memberikan kesan sangar pada TLC VX miliknya tersebut.
Keputusan Danny untuk mengganti ban dan pelek ini dibarengi dengan membenahi seluruh suspensi, tak mau tanggung-tanggung ia langsung menunjuk sokbreker dan per lansiran Old Man Emu (OME). Wajar saja karena OME memang telah terbukti memiliki kualitas yang jempolan karena kekokohannnya. Selain itu suspensi OME ini juga membuat tongkrongan SUV ini jadi lebih tinggi dari aslinya sehingga kesan sangar menjadi lebih mudah ditangkap.
Modifikasi-Terbaru-Toyota-Land-Cruiser-VX-1995

Agar semakin gagah, bumper depan diganti dengan bullbar tipe klasik dari ARB. Tak hanya itu, sepasang lampu spot dari Light Force juga ikut dipasang. Di bagian buritan deflecta merek EGR dari Australia juga ikut ditambahkan. Kaca samping kiri dan kanan paling belakang TLC VX yang awalnya menganut model split geser juga tidak luput dari perhatian Danny. Ia lebih memilih untuk menggantinya dengan yang model one piece agar makin berkesan VX versi luar. Sayangnya tampilan bodi sangar pada TLC VX ini tidak terlalu didukung dengan perombakan lebih ekstra di sisi jantung pacunya. Danny hanya memasang intercooler untuk turbo, snorkel dan exhaust set. Untuk intercooler dan snorkel dipercaya merek Safari, sedangkan exhaust set-nya adopsi merek Borla. Supaya turbonya juga lebih awet, ia memasang turbo timer dan boost meter Pivot untuk memantau tekanan turbo.
Modifikasi-Toyota-Land-Cruiser-VX-Danny-Sawali
http://blogotomotif.com

1 komentar: