Kamis, 17 Januari 2013

Toyota Land Cruiser VX 1995, White is Beautiful



Rasanya tidak ada orang yang tidak tahu dengan nama besar Toyota Land Cruiser (TLC), kalau pun terdengar asing pasti begitu disebutkan nama Toyota Hardtop pasti akan langsung menganggukkan kepala. Nah, begitu juga dengan TLC VX, seperti milik Danny Sawali yang telah dimodifikasi.

Coba lihat sekujur bodi TLC yang aslinya berwarna merah metalik dan sudah dicat ulang dengan warna putih solid ini, selain memang Danny adalah seorang praktisi Car Care ia juga memiliki gerai Fast & Details Gallery di pulau Dewata Bali. “Saya paling enggak betah lihat bodi mobil kotor, bawaannya langsung gerah aja,” ujar pria ramah ini. Oleh karena itu seluruh sudut TLC VX ini terbebas dari kotoran dan selalu tampak mengilap.

Namun bodi mulus bukan menjadi penghalang bagi Danny untuk memodifikasinya, “Tetap dimodifikasi sesuai pakemnya, jangan sampai unsur gagahnya jadi hilang,” tukasnya lagi. Langkah awal adalah mengganti ban standarnya dengan tipe yang lebih kasar, yakni BF Goodrich All Terrain ukuran 285/75-R16 setelah sebelumnya pelek asli bawaan VX dicat ulang dengan warna abu-abu. “Supaya lebih kontras dan lebih sangar aja,” senyumnya.

Urusan ban dan pelek ini dibarengi dengan membenahi seluruh suspensi, tak mau tanggung-tanggung ia langsung menunjuk sokbreker dan per lansiran Old Man Emu (OME). “OME kualitasnya tak perlu diragukan lagi, pasti kuat,” bangganya. Tak ayal, suspensi OME ini juga membuat tongkrongan SUV ini jadi lebih tinggi dari aslinya.

Agar semakin gagah, bumper depan diganti dengan bullbar tipe klasik dari ARB. Tak hanya itu, sepasang lampu spot dari Light Force juga ikut dipasang. Di bagian buritan deflecta merek EGR dari Australia juga ikut ditambahkan. Oya, sejatinya kaca samping kiri dan kanan paling belakang TLC VX ini adalah model split geser, tapi diubah. “Saya ganti dengan yang model one piece, supaya makin berkesan VX versi luar,” jelas Danny.

Untuk mesin tidak terlalu banyak yang ditambahkan, “Saya hanya memasang intercooler untuk turbo, snorkel dan exhaust set,” tukasnya. Untuk intercooler dan snorkel dipercaya merek Safari, sedangkan exhaust set-nya adopsi merek Borla. Supaya turbonya juga lebih awet, ia memasang turbo timer dan boost meter Pivot untuk memantau tekanan turbo.

So, enough to be the next legend of TLC family... (mobil.otomotifnet.com)

1 komentar: