Kamis, 17 Januari 2013

Tips Pemeriksaan dan Perawatan Mobil Setelah Perjalanan Jauh





Periksa kendaraan setelah jalan jauh - Tips pengecekan atau perawatan mobil yang bisa dilakukan setelah kita melakukan perjalanan jauh seperti mudik.

Dan beberapa hal yang bisa di lakukan adalah kita mulai dari pengecekan rem, pemeriksaan kopling, ganti oil mesin, ada juga yang harus mengganti oli transmisi.

1. Pengecekan Rem
Jarak penggunaan kampas rem tergantung dari pengendaranya. Untuk mengetahui bila rem sudah semakin tipis sangat mudah.Salah satunya untuk periksa ketebalan kampas rem bisa lihat di Periksa Kampas Rem, kalau kampas remnya sudah tipis melewati batas yang ditentukan maka harus diganti.

2. Pengecekan Kopling Mobil
Secara umum ada yang berpendapat kopling itu harus ganti per 70 ribu km, meski ada juga yang dibawah itu. Ada yang menggantinya per 50 ribu atau 60 ribu.Bahkan ada juga yang hampir 200 ribu kilometer baru Ganti kampas kopling. Namun hali ini juga tergantung kembali kepada kita saat bawa mobil , asal menggunakan kopling dengan benar dengan tidak menginjak terus pedal kopling, kopling bisa lebih awet dan lebih lama lihat Gejala kopling sudah waktunya diganti.

3. Pengecekan oli mesin
Perlu untuk mengganti Oli mesin mobil dikarenakan jarak tempuh perjalanan yang jauh, kondisi macet juga memungkinkan derajat kekentalan atau viskositas oli juga bisa berubah dan jauh dari spesifikasi. Tetapi hal ini juga perlu kita lihat kilometer tempuh untuk dilihat dengan kilometer kembali service.

4. Pengecekan oli transmisi
Biasanya jarak pemakaian oli transmisi itu per 40 ribu sampai 45 ribu km, tidak ada salahnya kalau kita melakukan pengecekan ulang, setelah melakukan perjalanan jauh.

5. Pengecekan kaki-kaki kendaraan
Pengecekan kaki-kaki juga menjadi hal yang perlu di periksa ulang,jika setelah perjalanan jauh terdengar bunyi bunyi dari kaki-kaki mobil seperti shockbraker, kelurusan roda depan, kemungkinan kocak pada roda mobil dan lain-lain.

Meski pada point terakhir sedikit jarang tapi ini perlu di periksa kembali, terutama untuk kita yang belum periksa kendaraan sebelum berpergian. Pemeriksaan bisa dilakukan di bengkel yang kita percaya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar