Kamis, 17 Januari 2013

Terlalu Kencang, Pagani Huayra Dilarang Ada Di Jalanan AS


Pagani-Huayra

Blog Otomotif – Apa yang bakal sobat otomotif lakukan jika baru saja membeli sebuah supercar Pagani Huayra yang terkenal berkat desainnya yang ciamik dan dibanderol dengan harganya yang selangit itu? Pamer ? Bawa ke jalan untuk bikin iri semua mata yang melihat ?
Sayangnya hal itu rupanya akan menjadi kendala bagi publik Amerika Serikat yang berniat membeli Pagani Huayra. Mereka harus siap-siap kecewa lantaran supercar eksotis asal Italia yang resmi hadir di hadapan publik di ajang Jenewa Motor Show 2012 tersebut bakal batal “mengaspal” di jalanan negeri Paman Sam.
Meskipun supercar pengganti Pagani Zonda tersebut bukanlah mobil paling cepat di dunia saat ini, namun hal tersebut lebih dikarenakan status Huayra yang belum memenuhi layak jalan alias tidak memiliki izin untuk ditunggangi di jalanan di Amerika Serikat.
National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau Lembaga Nasional Keselamatan Jalan Raya AS menyebutkan, bahwa Pagani Huayra  tidak memiliki sertifikasi sebagai kendaraan legal. Artinya jika peraturan ini tidak bisa dirubah maka otomatis pembeli Pagani Huayra di AS hanya bisa menggunakannya di trek khusus atau di dalam sirkuit. Kasihaaaaaan.
Meski demikian, kabarnya beberapa orang terkaya di AS telah memesan mobil cepat tersebut walaupun mereka tahu bahwa untuk mengendarainya mereka harus menggunakan trek khusus.
Sekedar informasi, Pagani sebagai produsen mobil super asal Italia hanya memproduksi 105 unit Huayra. Pagani akan menawarkannya ke seluruh dunia dengan harga sebesar USD1,6 juta atau Rp15,4 miliar.
Pagani Huayra didukung mesin Mercedes-Benz AMG V12 dengan dual turbocharger, yang dapat melontarkan tenaga hingga 700 HP, dengan torsi puncak 1.000 Nm (740 lb-ft), yang dikawinkan dengan transmisi tujuh percepatan.
Italian supercar ini mampu mencatat akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam di bawah 3,5 detik. Dengan kecepatan maksimal mencapai 370 km/jam (230 mph).
Di Amerika sendiri sebenarnya mobil mesin besar ini adalah salah satu mobil yang dinantikan oleh banyak warganya. Sepertinya hal ini harus menjadi perhatian serius bagi pihak Pagani karena jika tidak maka peraturan di Amerika Serikat ini akan membuat Pahani Huayra hanya bisa menjadi pajangan di garasi bagi pembdlinya yang tidak punya cukup waktu untuk menjajalnya di trek khusus.
Namun melihatpembeli potensialnya kebanyakan berasal dari komunitas orang kaya mungkin juga Pagani tidak mau ambil pusing dengan kendala tersebut. Toh kebanyakan orang kaya juga tidak punya banyak waktu luang untuk sekedar memusingkan perkara sepele seperti ini khan ?
Lain halnya kalau mobil seperti ini dijual di Indonesia. Tanpa adanya larangan jalanpun mobil ini tetap tidak akan pernah dibawa turun ke jalan oleh pemiliknnya. Karena tidak peduli secepat apa sebuah mobil bisa melesat toh akhirnya takluk juga dengan yang namanya macet.
tags: ,

1 komentar: